Monday, October 15, 2018

Mengenal Blind Spot Monitor

Ketika kita berada dibelakang kemudi mobil, kita dapat melihat kearah depan mobil dengan jelas. Begitupun dengan area pandang di sisi belakang, kanan dan kiri mobil juga bisa kita lihat melalui kaca spion dengan jelas.

Area-area pandang inilah yang memungkinkan kita bisa untuk memantau kondisi lalu lintas di sekitar kendaraan disaat mengemudi.

Meskipun begitu, ada beberapa area di sekeliling kendaraan yang tidak bisa kita lihat melalui kaca spion atau bahkan kita perlu menengokkan kepala agar area tersebut bisa terlihat dengan jelas. Area inilah yang sering disebut dengan istilah blind spot.

Blind Spot adalah istilah yang digunakan pada daerah yang tidak terjangkau pengawasan mata ketika kita mengemudi. Perhatikan area blind spot seperti yang diberi warana merah pada gambar dibawah berikut.

Ketika kita berada dibelakang kemudi mobil Mengenal Blind Spot Monitor

Daerah blind spot ini merupakan daerah yang cukup berbahaya disaat kita mengemudi karena area tersebut sulit terlihat oleh mata sehingga sangat berpotensi menimbulkan resiko kecelakaan.


Fungsi Blind Spot Monitor


Untuk membantu pengemudi mengantisipasi lalu lintas dan kendaraan yang berada di area blind spot tersebut, beberapa tipe kendaraan sudah dibekali dengan teknologi Blind Spot Monitor.

Blind Spot Monitor (BSM) ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengemudi berupa nyala lampu indikator yang terletak pada kaca spion ataupun pada pilar A kendaraan apabila terdapat kendaraan atau benda yang masuk ke area blind spot.

Ketika kita berada dibelakang kemudi mobil Mengenal Blind Spot Monitor

Blind Spot Monitor ini bekerja secara otomatis, Sebagai contoh, ketika ada kendaraan lain di sisi kiri mobil kita dan berada pada area blind spot, maka disaat itu pula lampu indikator Blind Spot Monitor ini akan menyala / berkedip, baik pada kaca spion ataupun yang ada pada pilar A.

Cara kerja sistem ini menggunakan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan pada bagian belakang mobil. Gelombang ini akan menangkap mobil yang berada disamping mobil kita sehingga apabila sudah masuk ke area blind spot, maka lampu akan menyala.

Bahkan pada beberapa tipe kendaraan, teknologi Blind Spot Monitor ini ada yang mengeluarkan bunyi sebagai tanda peringatan untuk pengemudi selain dari kedipan lampu indikator.

Baca juga :


Tips saat menggunakan Blind Spot Monitor

  1. Pastikan sensor blind spot monitor tidak terhalang oleh uap air, embun, kotoran atau bahan lainnya.
  2. Bacalah buku petunjuk manual kendaraan untuk informasi lebih lanjut tentang peringatan-peringatan jenis blind spot ini.
  3. Blind spot monitor ini biasanya dioptimalkan untuk pengemudian di jalan tol atau jalur cepat. Bisa jadi BSM ini tidak bekerja dengan optimal ketika kendaraan bergerak lambat atau sangat cepat.
  4. Beberapa blind spot monitor tidak dioptimalkan untuk mendeteksi sepeda motor, sepeda atau pejalan kaki. Inilah sebabnya mengapa Anda harus selalu melihat sendiri kondisi lalu lintas guna memastikan keamanan sebelum berpindah jalur.